Disc Tarra's E-Business Strategic Decisions

Disc Tarra adalah sebuah perusahaan yang menjual CD pertama di Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1986.
Semakin lesunya bisnis CD dan kaset sekarang ini dan berkembangnya teknologi, membuat Disc Tarra memasuki e-business dengan membuat sistem penjualan online melalui website http://www.disctarra.com/ sebagai salah satu cara promosi dan penjualannya. Hal ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk memasarkan produk yang ditawarkannya.


Untuk itu Disc Tarra mempunyai e-business strategy yang diambil untuk menjalankan bisnis online-nya. Berikut review mengenai e-business strategy apa saja yang diambil oleh Disc Tarra:

Decision 1: E-Business channel priorities
Prioritas Disc Tarra adalah sell-side downstream channel, dimana menggunakan website sebagai alat bantu tambahan untuk mempromosikan dan menjual produknya. Disc Tarra ini merupakan bricks and cliks, dimana Disc Tarra selain menjual produknya secara online, Disc Tarra juga mempunyai toko untuk menjual produknya secara offline.
Untuk mendorong customer agar menggunakan dan melakukan transaksi secara online (website), Disc Tarra melakukan strategy right channelling seperti:
  1. Mendorong konsumer untuk membeli CD dan kaset melalui online chanel, dengan cara memberikan hadiah langsung setiap melakukan transaksi dengan kelipatan tertentu dan juga memberikan point reward yang dapat ditukarkan dengan CD atau kaset yang diinginkan.
  2. Dalam website Disc Tarra juga menyediakan fasilitas live chat dengan customer care dimana fasilitas ini berfungsi untuk memberikan keterangan mengenai informasi apa saja yang dibutuhkan customer sehingga dapat membantu proses pembelian.
  3. Terdapat Search Engine yang memudahkan pengguna untuk mencari CD dan kaset yang diinginkan.
  4. Pada website Disc Tarra juga terdapat kumpulan berita terbaru dan forum fans comunnity yang memungkinkan pengguna website untuk memberikan opini-opini tentang artis atau musisi yang disukainya.

Decision 2: Organizational restructuring and capabilities

Disc Tarra menggunakan in-house division dalam mengatur segala perubahan dan mengatasi masalah yang ada pada website disctarra.com ini.


Decision 3: Business, service and revenue model

Disc Tarra adalah toko yang menjual CD dan kaset. Pada tahun 2000 Disc Tarra mengembangkan / membuat website sebagai channel tambahan untuk menjual produknya. Pada website ini Disc Tarra menampilkan informasi mengenai produk apa saja yang dijualnya dan juga memungkinkan pengguna untuk membeli CD dan kaset secara online. Sistem pembayaran pembelian ini menggunakan credit card dan sistem transfer.

Service yang diberikan Disc Tarra dalam penjualan online ini adalah layanan antar. Disc Tarra dapat menerima pesanan dari domestic dan luar negeri, sehingga customer yang berada di luar negeri dapat memesan CD dan kaset yang dijual oleh Disc Tarra. Dalam jasa layanan antar Disc Tarra menggunakan jasa logistik umum seperti Tiki dan DHL untuk mengantar barang kepada customernya. Hal ini merupakan nilai tambah bagi Disc Tarra dimana market sharenya semakin luas dengan menggunakan website disctarra.com ini.

Disc Tarra mendapatkan keuntungan (revenue model) dari :
  1. Penjualan langsung CD dan kaset-nya.
  2. Komisi dari penjualan tiket live consert dan event-event tertentu seperti A1 GP Indonesia.
  3. Advertising (pemasangan iklan pada disctarra.com).


Decision 4: Marketplace restructuring

Disini Disc Tarra tidak mengubah marketplace position-nya sebagai retailer CD dan kaset. Untuk sistem penjualan online Disc Tarra melakukan reintermediation dimana Disc Tarra menambah perantara yaitu jasa logistik umum seperti Tiki untuk mengantar barang kepada customer-nya.


Decision 5: Market and product development strategies
Disc Tarra menggunakan market penetration strategies dan market development strategies. Dimana Disc Tarra menggunakan internet untuk:
  1. Meningkatkan market share-nya
  2. Meningkatkan customer loyalty dengan memberikan kemudahan pembelian CD dan kaset secara online tanpa harus datang ke toko dan juga kemudahan untuk mendapatkan informasi tentang produk yang dijual Disc Tarra.
  3. Bersaing lebih efektif lagi dengan kompetitor-nya.
  4. Dan juga untuk menjual produk ke pasar yang baru, dimana dalam hal ini sasaran pasar Disc Tarra adalah customer luar negeri.

Decision 6: Positioning and differentiation strategies
Strategi yang digunakan Disc Tarra adalah transactional excellence. Dimana Disc Tarra menggunakan Internet untuk memberikan kemudahan transaksi pembelian CD dan kaset kepada customer-nya tanpa harus datang ke toko.

1 comments:



lucky said...

Woow gila Blog yang bagus banget..
INDAH banget template dan tampilannya
sangat artistik dan memanjakan mata.

Ka, aku boleh minta rtikel tentang Disc Tara e bisnis strategy ga?
Aku perlu banget buat tugas kuliah, dan pasti mengikuti netteiquette yang ada.

Makasih sebelumnya..