Suatu perusahaan apabila ingin sukses mempromosikan produk/jasanya melalui internet sebaiknya perusahaan tsb harus mempunyai suatu metode / e-marketing tools yang baik agar dapat mencapai sasaran marketingnya. Berikut ada 3 e-marketing tools yang saya akan definisikan keuntungan dan kerugiannya :
Perzonalization
Perzonalization adalah suatu metode e-marketing yang memungkinkan iklan yang ditampilkan pada website dikostumisasi sesuai dengan karakter, gaya hidup, atau histori belanja individual yang menggunakan website tersebut. Contoh : www.amazon.com
Keuntungan dari perzonalization adalah:
Kerugian disini lebih menjadi masalah internal pemilik web, dimana membutuhkan dana awal yang besar dalam membuat sebuah website dan juga dibutuhkan biaya pemeliharaan yang cukup tinggi.
Community BuildingKeuntungan dari perzonalization adalah:
- Target marketing kita akan tercapai sasarannya karena iklan/informasi yang kita tampilkan sesuai dengan kebutuhan customer.
- Memudahkan customer karena customer tidak perlu lagi melakukan aksi2 / mencari iklan/informasi mengenai barang yang diinginkannya.
- Lebih menghemat biaya pemasangan iklan/informasi pada website tertentu karena iklan /informasi akan ditampilkan pada halaman pengguna yang dispesifikasikan, tidak ditampilkan di semua halaman pengguna website tersebut.
Kerugian disini lebih menjadi masalah internal pemilik web, dimana membutuhkan dana awal yang besar dalam membuat sebuah website dan juga dibutuhkan biaya pemeliharaan yang cukup tinggi.
Community Building adalah suatu metode e-marketing dengan cara membagun komuniti atau interaksi diantara customer/pengguna yang mempunyai minat dan kepentingan yang sama seperti melalui forum, chat, dan e-mail group. Contoh: toyota-ownerclub.com
Keuntungan dari community building adalah:
Apabila ada comment yang tidak baik dari pengguna forum ke perusahaan akan membuat citra perusahaan menjadi buruk di masyarakat.
Direct EmailKeuntungan dari community building adalah:
- Target pasarnya luas karena mencakup orang2 banyak yang mempunyai kepentingan yang sama.
- Perusahaan dapat mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, keunggulan, dan kekurangan produk yang dijualnya dari komentar-komentar pelanggan atau isi yang ada di forum, sehingga perusahaan dapat lebih baik lagi memperbaiki mutu dan kualitas produk dan jasa yang diberikannya.
Apabila ada comment yang tidak baik dari pengguna forum ke perusahaan akan membuat citra perusahaan menjadi buruk di masyarakat.
Direct Email adalah suatu metode e-marketing dengan cara mengirimkan iklan/informasi melalui email ke orang banyak. Contohnya : Izzi Pizza
Keuntungan dari Direct Email adalah :
Sering sekali penerima email langsung menghapus email yang dikirim tanpa membacanya terlebih dahulu.
Sekian informasi dari saya, semoga dapat membantu semuannya...
Terima Kasih
Keuntungan dari Direct Email adalah :
- Biaya marketing yang murah
- Iklan/Informasi semuanya dapat sampai di tempat tujuannya, dimana dalam hal ini dapat dikirim ke semua orang yang terdapat di dalam list.
- Iklan/Informasi dapat di-forward kembali oleh penerima email ke daftar teman-temannya sehingga dapat memperluas jaringan dan target marketing.
Sering sekali penerima email langsung menghapus email yang dikirim tanpa membacanya terlebih dahulu.
Sekian informasi dari saya, semoga dapat membantu semuannya...
Terima Kasih
0 comments:
Post a Comment