Online Business & Revenue Model untuk Bisnis Resto

Mungkin saat ini masih jarang bisnis resto menggunakan teknologi internet sebagai sarana untuk promosi dan penjualan online. Tapi sebenarnya bisnis resto juga berhak turut andil menggunakan internet sebagai media untuk mempromosikan barang dagangannya, dilihat dari semakin banyaknya orang yang gemar menggunakan internet. so pasti sangat menguntungkan bisnis tsb. Memang mungkin sedikit aneh untuk bisnis resto, tapi sah-sah saja untuk dicoba.

Bisnis resto dapat memanfaatkan internet sebagai media promosi melalui beberapa cara :
  • membuat website sendiri -> membutuhkan biaya yang cukup besar.
  • membuat blog -> tidak membutuhkan biaya besar, hanya membutuhkan koneksi jaringan internet
  • atau dengan membuat aplikasi di facebook seperti yang dilakukan pizza hut saat ini. (untuk baca artikel lebih lanjut klik saya)

Selain itu bisnis resto juga dapat menggunakan teknologi internet untuk :
  • memasarkan / menjual barang jualannya
  • mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas
  • sebagai media promosi
  • sebagai media untuk menjaga hubungan yang baik dengan customer
  • mencari supplier yang mempunyai kualitas yang tinggi
  • mencari sumber daya manusia yang berkualitas untuk direkrut
  • dan juga untuk menunjang kegiatan bisnis misalnya saja dengan membuat aplikasi online yang menghubungkan satu cabang dengan cabang yang lain untuk berkomunikasi

Business Model
Apabila bisnis resto menggunakan internet sebagai media untuk menjual produknya, maka mereka harus siap dengan konsekuensinya. Misalnya saja oleh karena bisnis resto produknya adalah makanan maka kita harus memberikan pelayanan yang cepat, berbeda dengan produk lain yang bisa ditunda penggunaannya. Apabila service yang kita berikan tidak cepat maka akan merusak citra perusahaan tersebut. jadi apabila ingin terjun online harus benar2 mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik misalnya saja jaringan internet yang baik dan operator untuk menangani transaksi.
Tapi perlu diingat pula dengan online bukan berarti meniadakan penjualan offline, ini harus tetap berjalan bersama2. Dengan online hanya membantu untuk meningkatkan penjualan dan membangun citra perusahaan tersebut.
Disini bisnis resto dapat berperan sebagai penyedia jasa (penjual) dan juga pembeli (pencari supplier untuk bahan baku dan tenaga kerja) apabila menggunakan bisnis online.
Target customer-nya adalah orang2 yang lebih mengutamakan kemudahan dimana mereka dapat memesan produk dengan mengisi form yang terdapat di website atau dengan mengirimkan email tanpa berbicara dengan operator.

Potensi keuntungan yang didapat oleh pemilik bisnis resto adalah :
  • meningkatkan profit
  • dikenal oleh masyarakat yang lebih luas
  • mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh SDM. misalnya saja ada kesalahan pencatatan order ketika customer memesan melalui telepon yang sering terjadi pada penjualan offline.
  • menghemat waktu karena pesanan customer sangat jelas dan tertulis. (melakukan pemesanan melalui email atau pengisian form pemesanan yang tersedia pada website).
  • dan juga mendapatkan supplier yang mempunyai qualitas yang baik dengan harga yang relatif lebih murah.
Tentu ada kelemahan apabila bisnis resto menggunakan teknologi internet diantaranya :
  • service yang diberikan tidak dapat berlaku dimana saja (terbatas), tergantung dengan ketentuan dan dimana perusahaan tersebut berada. (hanya dapat melayani di daerah2 tertentu saja)
  • apabila terjadi kerusakan pada website dan pelayanan kita tidak memuaskan atau tidak cepat akan merusak citra perusahaan.

Revenue Model
Bisnis resto mendapatkan keuntungan / revenue dari :
  • Penjualan produk
  • Advertising di website -> kita dapat menerima pemasangan iklan orang lain atau sposor di website kita. lumayan untuk penghasilan tambahan. misalnya saja CPC advertising on site yang gampangnya dari Google Adsense, kumpulblogger.com, kliksaya.com (situs indonesia), dll.

1 comments:



Antonius Aryo said...

Anda mencari container bekas, langsung saja..
Hubungi :
Antonius Aryo (0815-8652-2219)
www.asiacontainers.com